Jonggol merupakan wilayah yang aman, bebas banjir, asri.

Jonggol jaraknya, dari ; ibukota Kabupaten Bogor,  50 kilometer. Dari  Jakarta,  60 kilometer, dan dari  Bandung, 156 kilometer.

Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dinilai cukup strategis menjadi pusat pemerintahan Negara Indonesia. Camat Jonggol, Asep Aer Sukmaji, menyatakan, Jonggol yang terbentang di sebelah timur Kabupaten Bogor ini memiliki topografi alam berupa dataran dan pebukitan.

Kecamatan Jonggol memiliki luas 12.686,74 hektare. Di sebelah utara dan timur perbatasan dengan Kabupaten Bekasi. Sebelah selatan dan barat, berbatasan dengan kecamatan lain di Kabupaten Bogor.

Ke pusat Kabupaten Bogor, jaraknya hanya 50 kilometer. Dengan Jakarta, terbentang jarak 60 kilometer, sementara dengan Ibukota Provinsi Jawa Barat, Bandung, hanya berjarak 156 kilometer.

“Jadi, keberadaan Kecamatan Jonggol berada di tengah-tengah sehingga sangat strategis kalau dijadikan pusat pemerintahan atau ibu kota,” kata Asep kepada VIVAnews ditemui di ruang kerjanya, Rabu 22 September 2010.

Lebih lanjut ia mengatakan, wacana Kecamatan Jonggol bakal menjadi ibu kota tersebut, sudah muncul di masa Presiden Soeharto. ”Tahun 1989 lalu, waktu menjabat Presiden, Soeharto mempunyai rencana ingin menjadikan Jonggol menjadi ibu kota.”

Akibatnya, para investor asing dan dalam negeri berdatangan ke Kecamatan Jonggol untuk membeli tanah milik warga. Lantaran Soeharto lengser dari jabatannya dan datang krisis moneter, wacana itu menguap. Beberapa bulan belakangan ini, baru ramai lagi pembicaraan Jonggol sebagai ibukota baru setelah DKI Jakarta sering terjadi bencana banjir dan kemacetan lalu lintas yang rutin.

Menurut Asep, jika Kecamatan Jonggol menjadi pusat pemerintahan dan ibu kota, wilayahnya akan bebas dari bahaya banjir. Sebab, Jonggol terletak di dataran tinggi, berbeda dengan Jakarta yang di dataran rendah.

Sementara itu, Kepala Desa Sukamanah, Kecamatan Jonggol, Yadi, menyambut  baik wacana pemindahan Ibukota ke Jonggol. “Sangat setuju karena dapat meningkatkan taraf ekonomi,” kata Yadi. “Jonggol merupakan wilayah yang aman, bebas banjir, asri dan hampir semua warga setuju dengan rencana tersebut,” katanya. (Sumber: Viva News)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s